Back to Top

Monday, April 4, 2016

Layout pada Android Studio

8:04 AM Posted by F , No comments
Pada post saya kali ini saya akan menjelaskan beberapa layout yang ada pada Android Studio.


Layout merupakan tampilan yang telah disediakan pada Android Studio dan siap kita gunakan untuk merancang suatu aplikasi kita. Dengan Layout kita dapat mengatur tampilan aplikasi kita.

Layout memiliki beberapa jenis, antara lain :
  • Frame Layout
  • Linear Layout (Horizontal)
  • Linear Layout (Vertical)
  • Table Layout
  • Table Row
  • Grid Layout
  • Relative Layout
Mana yang lebih baik, dalam pembuatan aplikasi sebenarnya tergantung aplikasi yang akan kita buat, terkadang lebih baik menggunakan Linear Layout, terkadang lebih baik menggunakan Relative Layout.

Kita dapat mengakses atau mengubah jenis layout pada Palette Layouts di tab Design.



Mari kita sedikit membahas jenis jenis layout tersebut.

Frame Layout

Frame Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya berdasarkan area blok pada layar, seperti menjadi satu item saja. (Baca lebih lanjut)

Linear Layout (Horizontal)


Linear Layout (Horizontal) Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya saling berkaitan secara horizontal satu sama lainnya, jadi saling terhubung, tapi horizontal (row). (Baca lebih lanjut)

Linear Layout (Vertical)


Linear Layout (Vertical) Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya saling berkaitan secara vertical satu sama lainnya, jadi saling terhubung, tapi vertical (column). (Baca lebih lanjut)

Table Layout


Table Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya saling berkaitan berdasarkan baris dan kolom seperti table, jadi saling terhubung sepeti table. (Baca lebih lanjut)

Table Row


Table Row  merupakan anak atau turunan dari Table Layout, tapi akan seperti Linear Layout bila digunakan tanpa Table Layout. (Baca lebih lanjut)

Grid Layout


Grid Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya saling berkaitan seperti grid, jadi saling terhubung. (Baca lebih lanjut)

Relative Layout


Relative Layout akan membuat lokasi dari widgets ataupun elemen didalamnya saling berkaitan satu sama lainnya, baik dari kanan, kiri, atas, bawah, jadi saling terhubung. (Baca lebih lanjut)


Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Salam,

FEN.

0 comments:

Post a Comment