Back to Top

Friday, February 5, 2016

Cara membuat segitiga balik dengan java

6:05 AM Posted by F , , 1 comment

Pada post kali ini saya akan membuat segitiga balik dengan java.


Saya akan menggunakan "for" (perulangan) dalam java. Perulangan sangatlah penting dan wajib dipelajari bagi siapapun yang ingin belajar pemprograman, karena perulangan termasuk salah satu inti dari logika pemprograman. Apabila kita mengetahui logika dari suatu program, pasti kita akan lebih mudah mempelajari dan menguasainya.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan :

Apabila sudah, mari kita mulai.

Langsung saja ini adalah listing programnya :

class buatsegitigabalik {
public static void main(String[]args) { 
int k = 1;
int l = 10; 
for(int i = 0; i < 10; i++) {
  for(int a = 0; a < l; a++) {
    System.out.print("  ");
  } 
  for(int b = 0; b < k; b++) {
    System.out.print(" *");
  }
  System.out.println("");
  k = k + 1;
  l = l - 1;
}
}
}

Dalam listring program tersebut saya menggunakan beberapa "for".

Sebelumnya saya mendeklarasikan k = 1 dan l = 1.
int k = 1;
int l = 10;
Yang pertama, digunakan untuk melakukan perulangan sebanyak 10 kali.
for(int i = 0; i < 10; i++)
Selanjutnya perulangan berikutnya saya membuat bentuk spasi sepanjang 'l' kali.
 for(int a = 0; a < l; a++) 
Lalu perintah berikutnya saya mencetak spasi.
System.out.print("  ");
Selanjutnya perulangan berikutnya saya membuat bentuk bintang sepanjang 'k' kali.
 for(int b = 0; b < k; b++) 
Lalu perulangan berikutnya saya mencetak karakter, misal " *".
System.out.print(" *");

Dan di akhir perulangan diberi ini, agar setelah perulangan diatas akan pindah baris.
System.out.println("");
Dan juga k = k + 1 agar setelah perulangan diatas nilai 'k' bertambah.
k = k + 1;
Dan juga l = l - 1 agar setelah perulangan diatas nilai 'l' berkurang satu.
l = l - 1;


Source code program ini juga dapat didownload (disini).

Cek juga :
Cara membuat persegi dengan java
Cara membuat jajargenjang dengan java
Cara membuat ketupat dengan java
Cara membuat segitiga dengan java
Cara membuat segitiga balik dengan java
Cara membuat segitiga atas dengan java
Cara membuat segitiga atas balik dengan java


Demikianlah penjelasan singkat dari saya, silahkan mencoba.
Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Salam,

FEN.

1 comment:

  1. Cara Membuat Segitiga Balik Dengan Java ~ Fen Code >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Membuat Segitiga Balik Dengan Java ~ Fen Code >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Membuat Segitiga Balik Dengan Java ~ Fen Code >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete