Back to Top

Friday, April 1, 2016

Menguasai Android Studio secara Otodidak

8:01 AM Posted by F , No comments
Pada post saya kali ini saya akan membahas beberapa tips untuk mempelajari Android Studio secara otodidak.



Sebenarnya mungkin tips atau cara ini sudah kita lakukan sebelumnya, tapi saya akan sedikit membahasnya pada post saya kali ini.

Berawal dari teman saya yang bertanya mengenai Android Studio, seperti cara memulai, cara membuat logikanya, dan lain sebagainya.

Pertama, dalam mempelajari Android Studio kita sebaiknya membaca referensi sebanyak banyaknya. Pada beberapa tahun belakangan ini, resource dan artikel tutorial sudah sangat banyak. Baik berupa video, artikel tutorial, maupun online course. Ada yang gratis maupun yang berbayar, kita dapat dengan mudah mendapatkannya.




Untuk sumber tutorial sebaiknya menggunakan yang paling terbaru, karena teknologi dan cara dan metode yang digunakan akan semakin lebih maju, lebih efektif dan lebih ringkas dari sebelumnya. Biasanya di internet sudah banyak tersedia, pilih saja artikel yang paling baru, misal beberapa bulan terakhir atau satu tahun terakhir. Tapi apabila ingin melihat referensi dari waktu yang lebih lama ya tidak masalah.

Selain itu juga, perbanyak latihan dan usaha. Karena dengan kita berusaha dan latihan secara terus menerus kita akan lebih mudah terbiasa menggunakan sesuatu. Salah satunya Android Studio ini. Dengan melatih logika kita akan lebih mudah menciptakan suatu program baru.

Lalu, jangan malas dan takut mencoba hal hal baru. Karena kalau kita malas atau takut, kita akan sulit berkembang.




Dalam Android Studio ataupun pemprogramman lain sekarang sudah banyak library yang dapat membantu kita melakukan sesuatu. Apabila kita sudah terbiasa menggunakan library, kita akan lebih mudah dan efektif ketika membuat suatu program.

Selanjutnya apabila tidak ada yang dapat membantu kita, kita sebaiknya bertanya, tapi usahakan melihat dahulu pertanyaan yang mungkin sama atau mirip, lalu baru bertanya baik kepada orang yang lebih tahu ataupun forum online yang ada. Biasanya kita akan menerima jawaban dari orang atau pakar di bidangnya.





Apabila kita sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris, tentu kita akan lebih mudah dalam berkomunikasi. Salah satunya untuk mempelajari Android Studio. Karena biasanya lebih banyak orang luar yang lebih mengetahui pemrograman ini.

Semoga bermanfaat.


Terima kasih.
Regards,

FEN

0 comments:

Post a Comment