Back to Top

Thursday, March 17, 2016

Keamanan Cloud pada Windows

7:17 AM Posted by F , No comments
Pada post saya kali ini saya akan membahas keamanan Cloud pada OS Windows. Post saya sekarang ini merupakan opini saya pribadi dan apa yang saya telah ketahui ya, bila ada kekeliruan, mohon koreksinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang segala hal sudah lebih modern dan lebih maju. Dengan adanya internet, sekarang sudah banyak inovasi baru di bidang teknologi, salah satunya adalah teknologi Cloud.




Sebenarnya Cloud ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi baru mulai populer akhir akhir ini. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Cloud, terutama orang Indonesia. Bahkan teman saya pun sebagian besar tidak tahu. Atau mungkin tahu, tapi belum bisa memaksimalkan fitur dan kelebihannya. Dan bahkan ada yang sudah menggunakan fitur cloud tapi belum tahu kalau dia itu pakai cloud, cukup memprihatinkan ya.

Untuk topik saya kali ini sebenernya mengenai sisi keamanan dari Cloud itu. Baik di sisi komersial (individu) maupun corporate (perusahaan). Berdasarkan beberapa survei yang telah dilakukan, masih banyak orang yang masih kurang percaya terhadap Cloud. Ada yang kurang percaya dengan privasi nya, atau keamanannya, bahkan takut adanya serangan malware virus yang mungkin menyerang data di Cloud ini.

Padahal fitur Cloud ini keamanan dan privasi nya terjamin. Seperti yang Windows pernah nyatakan, dengan adanya Cloud, justru akan menambah keefektifan suatu perusahaan atau organisasi, bahkan untuk kebutuhan komersial sekali pun. Misal kita membutuhkan suatu adanya integrasi beberapa sistem pada suatu perusahaan, dengan Cloud, maka integrasi tersebut akan semakin mudah.




Dan satu hal yang sangat penting yang saya sendiri suka dari Cloud, yaitu dengan adanya cloud kita dapat mengakses file atau system yang ada dimanapun dan kapanpun dengan akses internet tentunya. Walau mungkin hal ini termasuk biasa saja, tapi menurut saya inilah kelebihannya. Apabila terjadi suatu musibah, ada kerusakan hardware, hilang, atau bahkan file penting kita terkena malware atau virus, kita dengan mudah mengembalikan (restore) file tersebut.




Dan ada 5 hal penting yang perlu diketahui (*) :
Proteksi Data
Ketika kita sudah memutuskan untuk mengadopsi atau migrasi data ke Cloud, yang yang diperhatikan adalah bagaimana penyedia layanan Cloud memberikan proteksi terhadap data kita. Dengan metode apa mereka melakukan proteksi sehingga kita yakin data aman, selain itu lokasi penyimpanan data juga adalah pertimbangan penting dimana ini hubungannya dengan Data Center. Dipastikan data center yang mereka buat sudah tersertifikasi/teraudit, misalnya lokasi bebas gempa, standar sumber daya listrik 3 lapis dll.
Security Control
Setelah data kita betul-betul terproteksi, selanjutnya adalah bagaimana keamanan dari akses terhadap data kita (role), bagaimana prosedurnya sehingga hanya orang-orang yang berhak saja yang bisa akses data kita. Disini termasuk akses para pekerja/karyawan di penyedia layanan terhadap data kita.
Compliance
Standar yang diterapkan pada penyedia layanan Cloud Computing, misalnya untuk keamanan data menggunakan ISO 27001, untuk penyediaan layanan memakai ITIL, COBIT, Cloud Security Alliance, termasuk regulasi internasioanl dan pemerintah. Sehingga jika ada pelanggaran akan mudah dalam penyelesaian
Multi-tenancy
Salah satu sifat Cloud computing adalah resource sharing, nah bagaimana ketika ada penyewa lain terdapat melakukan kecurangan atau bocor, apa imbasnya terhadap data kita disana, ini harus dipertimbangkan. Karena secara fisikal, data kita bisa jadi ada dalam satu media fisik yang sama dengan yang lain.
Security Governance
Ini lebih kepada policy governance dari penyedia layanan atau kita sebagai pemakai layanan, harus dijabarkan dan governance-nya paka apa harus didefinisikan disini.


Inti dalam post saya kali ini sebenarnya untuk mengajak kita semua lebih percaya dan lebih mengoptimalkan fitur Cloud yang ada saat ini. Ada fiturnya, ada teknologinya, bahkan ada yang gratis, keamanan terjamin, privasi aman. Pakai Cloud lah dari sekarang, saya pun menjamin, dengan mengoptimalkan penggunaan Cloud ini, kita semua akan lebih produktif dan efisien dalam segala hal.


Sumber foto : (1)(2)(3)


Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Salam,

FEN

0 comments:

Post a Comment